Selamat datang pengunjung blog INFO SEKOLAH yang berbahagia pula, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan sedikit gambaran mengenai Modul Guru Pembelajar KK G Kelas Tinggi (Kelas 4, 5, dan 6). Pada Modul tersebut memuat dua kompetensi yaitu: Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional. Rincinya perhatikan penjelasan di bawah ini:
Kompetensi
|
:
|
Profesional
|
|
Judul Modul
|
:
|
PENERAPAN NILAI,
NORMA MORAL PANCASILA
|
|
Deskripsi Singkat
|
:
|
1.
Penerapan Pancasila
sebagai wahana pendidikan dan pembentukan karakter warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2. Macam -macam nilai
dalam kehidupan masyarakat di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat
sekitar (nilai praksis Pancasila)
3. Macam -macam norma dalam
kehidupan sehari-hari di lingkungan
keluarga, sekolah dan masyarakat
4.
Pancasila sebagai pedoman
hidupm dan budaya bangsa, sebagai dasar negara, sistem pemikiran dan sebagai
sistem pemerintahan
|
|
Kompetensi
|
|||
a. Kompetensi Inti
|
:
|
Mengidentifikasi kegiatan pembelajaran Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan secara tematik sesuai dengan karakteristik mata
pelajaran
|
|
b. Kompetensi Guru
|
:
|
1. Mengidentifikasi macam-macam nilai dalam kehidupan
masyarakat (Nilai praxis Pancasila
|
|
2. Mendeskripsikan
macam-macam nilai, norma dan moral dalam
kehidupan sehari-hari di lingkungan
keluarga, sekolah dan masyarakat
|
|||
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
Penerapan Pancasila sebagai wahana pendidikan dan pembentukan karakter
|
Pancasila sebagai
wahana pendidikan dan pembentukan karakter
|
· Nilai juang dalam
proses perumusan Pancasila
· Penerapan Pancasila
sebagai wahana pendidikan nilai
· Pancasila sebagai
wahana pembentukan karakter
|
Penerapan Pancasila sebagai pedoman hidup, pandangan hidup dan sebagai budaya
bangsa
|
Penerapan Pancasila sebagai pedoman hidup, pandangan hidup dan sebagai budaya
bangsa
|
· Pancasila sebagai
pedoman hidup
· Pancasila
sebagaipandangan hidup
· Pancasila sebagai
budaya bangsa
|
Penerapan Pancasila sebagai sistem pemikiran, dasar negara dan ideologi
bangsa dan sebagai sumber nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Penerapan Pancasila sebagai sistem pemikiran, dasar negara dan ideologi
bangsa dan sebagai sumber nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
· Pancasila sebagai
sistem pemikiran
· Pancasila sebagai dasar
negara
· Pancasila sebagai
sumber nilai
· Pancasila sebagai
sistem pemikiran
· Pancasila sebagai
sistem pemerintahan negara Indonesia
|
Macam -macam nilai
dalam kehidupan masyarakat di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat
sekitar (nilai praksis Pancasila)
|
Macam -macam nilai
dalam kehidupan masyarakat
|
·
Macam-macamnilai
dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga
·
Macam-macamnilai
dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah
·
Macam-macamnilai
dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat
|
Macam -macam norma dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
keluarga, sekolah dan masyarakat
|
Macam -macam norma dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
keluarga, sekolah dan masyarakat
|
·
Macam-macam
norma dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga
·
Macam-macam
norma dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah
·
Macam-macam
norma dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat
|
Menjelaskan dan mendeskripsikan pengertian
moral kewarganegaraan dan negara,
|
Moral
kewarganegaraan dan negara, warga negara dan kewarganegaran
|
·
Pengertian
moral
·
Pengertian
negara, warga negara dan kewarganegaraan
·
Sistem
pemerintahan di Indonesia
|
Kompetensi
|
:
|
Pedagogik
|
Judul Modul
|
:
|
Pembelajaran yang Mendidik
|
Deskripsi Singkat
|
:
|
Modul pembelajaran yang
mendidik membahas tentang pengembangan komponen-komponenpembelajaran, media
pembelajaran, sumber belajar, analisi media pembelajaran, dan perancangan
pembelajaran.
|
Kompetensi
|
||
a. Kompetensi Inti
|
:
|
Menyelenggarakan
kegiatan pengemba-ngan yang mendidik.
|
b. Kompetensi Guru
|
:
|
4.2 Mengembangkan komponen-komponen rancangan kegia-tan pengembangan
yang mendidik dan menyenangkan.
4.3 Menyusun rancangan
kegiatan pengembangan yang mendidik yang lengkap, baik untuk kegiatan di
dalam kelas, maupun di luar kelas.
4.5 Menggunakan media
pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta
didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran
secara utuh.
|
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
1. Mengidentifikasi komponen-komponen rancangan pembelajaran
sesuai kurikulum yang berlaku.
|
Komponen-komponen Pembelajaran
|
-
Komponen-komponen
Pembelajaran
-
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
|
2.
Menentukan media pembelajaran dan/atau sumber belajar sesuai dengan
karakteristik peserta didik di SD/MI.
|
Media Pembelajaran
dan sumber Belajar di SD
|
- Media Pembelajaran dan Sumber Belajar
- Analisis Kebutuhan Media pembelajaran dan/atau Sumber Belajar
|
3.
Merancang pembelajaran sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangannya.
|
Perancangan
Pembelajaran
|
- Langkah-langkah Pengembangan RPP
- Penyusunan Perancangan Pembelajaran
|
Blog ini dalam masa pengerjaan, maka harap dimaklumi apabila di sana- sini masih banyak kekurangannya, Saran dan kritik selalu kami tunggu dan kami menanti. Terima kasih.
0 Response to "UNDUH MODUL GURU PEMBELAJAR KK G KELAS ATAS SD TERBARU"
Post a Comment
Tinggalkan kesan dan pesan demi kemajuan blog tercinta kita ini. Terima kasih