Cara Memancing Ikan Belanak Dengan Media Botol Plastik

Sebelum kita membahas cara mancing ikan belanak ini, kita coba bahas dahulu seperti apa ikan belanak itu. Ikan Belanak merupakan salah satu ikan yang sering dibuat untuk ikan asin, terutama di daerah Surabaya di Kampung Medokan, Gunung Anyar ,dan di Sidoarjo daerah Tambak Oso, Tambak Cemandi dan mungkin juga daerah sekitarnya. Di daerah tersebut Ikan Belanak kadang di sebut ‘’ Ikan Gereh’’ , ikan belanak pun kadang ada yang seukuran ikan bandeng besarnya.


Tahun 98-an Ikan belanak atau ikan gere dulu ikan favorit di daerah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, kadang yang sudah berbentuk ikan asin di masak pepes rasanya yang maknyus apalagi di campur dengan buah Belimbing Wuluh pasti nikmat


Ikan Belanak kadang di buat untuk umpan ikan predator di daerah tambak atau muara dekat laut dengan target ikan kakap putih dan lainnya . Ikan belanak pun sering bergerombol dengan teman – temannya yang lain. nah untuk mancing nya pun sangat unik dan mudah, biaya untuk peralatan mancing belanak dengan menggunakan botol plastik  sangat murah juga. Ternyata di surabaya dan sekitarnya sudah banyak yang menggunakan teknik ini,kami pun sering menjumpai di daerah Romokalisari , Bosem Wonorejo, Keputih, Medokan, Tambak Oso, Tambak Cemandi Kalang Anyar.


Cara Mancing Ikan Belanak Dengan Media Botol Plastik


Intinya  mancing ikan belanak memakai botol plastik dilakukan dengan menjadikan botol tersebut sebagai perangkap. Dan dalam botol plastik tersebut harus ada umpannya, untuk umpan biasahnya memakai tepung terigu, untuk menyetel botol plastik tersebut biasanya menggunakan pelampung diatas botol dan pemberat di bawah botol, agar botol tersebut lurus horisontal, itupun sesuai selera pemancing


Apabila ikan belanak melihat umpan yang terdapat di dalam botol tadi, ikan tersebut akan memasuki botol dan memakannya. Kadang yang masuk kedalam perangkap botol plastik ada yang isi 2 atau 3 ekor, ada juga 1 ekor itupun sesuai ukuran ikannya. karena ukuran lebar botol yang sempit ia tidak bisa membalikkan badan untuk kabur. Nah kita tahu bahwa tidak ada ikan belanak yang bisa berenang mundur hehehe… Nah, tugas kita tinggal mengangkat botol plastik yang sudah kemasukan ikan belanak tersebut. Mudah sekali kan…

Berikut alat dan bahan  cara membuat perangkap ikan belanak dari botol plastik.

Alat dan Bahan :
  • Botol plastik bekas air mineral atau larutan penyegar
  • Cutter  atau pisau
  • Paku
  • Senar tali pancing
  • Sterofoam atau gabus , spon bekas sandal
  • Pemberat  timah
  • Tepung terigu sebagai umpan
  • Jangan lupa air
  • Joran



Cara Membuat Perangkap Botol Plastik untuk Mancing Ikan Belanak:

  • Carilah botol plastik usahakan menggunakan botol larutan penyegar karena memiliki tubuh yang ramping dan panjang. Potong seluruh bagian belakang/bawah botol plastik. Bagian ini nantinya akan menjadi lubang masuk perangkap.
  • Lubangi 4 ( empat ) titik di bagian ujung bawah botol. Lalu pasang senar tali pancing ke dalam lubang tersebut dan hubungkan. Agar  untuk mempermudah kita dalam menarik dan mengangkat perangkap botol.
  • Pasang pelampung dari sterofoam / gabus atau potongan spon bekas sandal di salah satu sisi samping botol. Kemudian pasang juga pemberat di sisi samping yang berlawanan,usahakan seimbang pelampung dan pemberatnya agar perangkap botol tersebut bisa horisontal.
  • Buatlah lubang-lubang kecil di botol tersebut,agar saat mengangkat botol tersebut lebih ringan,disarankan tidak terlau banyak lubang. Cukup di bagian bawah pelampung  dengan jarak sekitar 1 – 3 cm untuk lubang kanan dan kiri. Di belakang diberi lubang 2 titik saja dan pada bagian dekat dengan tutup botol tidak diberi lubang. Jika lubang kebanayakan atau kegedean, umpan akan mudah dicuri-serobot oleh belanak dari arah samping
  • Untuk  umpan mancing ikan belanak, Anda bisa memanfaatkan tepung terigu tanpa campuran apapun. Umpan tepung terigu dimasukkan ke dalam botol sesaat ketika perangkap akan dilemparkan ke area pemancingan.


Urutan Mancing dengan botol Ikan Belanak:

  • Ambil 1 sendok makan tepung terigu lalu masukan ke dalam botol perangkap, lalu tambahkan air sedikit . Aduk supaya adonan umpan ini tercampur rata, kira – kira jug jangan sampai kebanyakan airnya
  • Lemparkan perangkap botol plastik ini di titik-titik area pemancingan yang sekiranya terdapat ikan belanak yang berkumpul.Berhati – hatilah saat melemparnya jangan sampai umpan di dalamnya terlalu banyak menyebar keluar.
  • Perhatikan joran yang terhubung ke botol plastik terasa bergetar, tandanya ada ikan yang terjebak di dalamnya. Segera saja angkat joran keatas dan ambil ikan belanak yang terperangkap di dalam botol plastik tersebut.


Demikian  artikel teknik mancing belanak dengan media botol sebagai perangkap, semoga bermanfaat dan selamat mencoba bagi kawan-kawan angler.

0 Response to "Cara Memancing Ikan Belanak Dengan Media Botol Plastik"

Post a Comment

Tinggalkan kesan dan pesan demi kemajuan blog tercinta kita ini. Terima kasih