Selamat datang pengunjung blog INFO SEKOLAH yang berbahagia pula, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan sedikit gambaran mengenai Modul Guru Pembelajar KK F Kelas Tinggi (Kelas 4, 5, dan 6). Pada Modul tersebut memuat dua kompetensi yaitu: Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional. Rincinya perhatikan penjelasan di bawah ini:
Kompetensi : Profesional
Judul
Modul : Kajian
Materi IPS SD
Kompetensi
a. Kompetensi
Inti :
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
b. Kompetensi
Guru :
Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi
pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS.
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
Memahami Hakekat Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Hakekat Ilmu Pengetahuan Sosial
|
1. Pengertian Ilmu
Pengetahuan Sosial
2. Tujuan Ilmu Pengetahuan
Sosial
3. Fungsi Ilmu Pengetahuan Sosial
4. Karakteristik Ilmu Pengetahuan Sosial
5. Sumber dan bahan materi
Ilmu Pengetahuan Sosial
6. Nilai dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
|
Mengkaji materi pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
Kajian materi IPS
|
1.
Pengaruh Kerajaan
Hindu-Budha dan Islam pada kehidupan masyarakat
Indonesia
2.
Pengaruh penjajahan
di Indonesia
3.
Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan dan upaya
mempertahankan kemerdekaan Indonesia
4.
Pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat
5.
Interaksi manusia dengan lingkungannya
6.
Kegiatan
ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat
7.
Kerjasama negara-negara di Asia Tenggara
|
Menjelaskan Kebhinnekaan masyarakat
Indonesia dan dinamika kehidupan global
|
Kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika
kehidupan global
|
1.
Berbagai bentuk kebhinnekaan
2.
Dinamika kehidupan global
|
Kompetensi : Pedagogik
Judul
Modul : Komunikasi
Efektif
Deskripsi Singkat :
Materi ini menjelaskan tentang: 1) Jenis-jenis
komunikasi dalam pembelajaran sekolah dasar; 2) Strategi komunikasi yang efektif
dalam pembelajaran sekolah dasar; 3) Penerapan strategi komunikasi yang efektif
dalam pembelajaran sekolah dasar.
Kompetensi
a. Kompetensi
Inti :
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun
dengan peserta didik.
b. Kompetensi
Guru :
Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang
efektif, empatik dan santun, baik
secara lisan maupun tulisan.
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun
dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang
terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik,
(b) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik
untuk merespons, (c) respons peserta didik, (d) reaksi guru terhadap respons
peserta didik, dan seterusnya
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
Mengidentifikasi berbagai strategi berkomunikasi yang
efektif, empatik dan santun, baik secara lisan maupun tulisan bagi peserta
didik kelas awal.
|
Jenis-jenis
komunikasi dalam pembelajaran sekolah dasar
|
1.
Kondisi psikologis dalam
interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan
santun di kelas tinggi.
2.
Pertanyaan dan pendapat peserta didik dalam proses komunikasi di
sekolah dasar.
3.
Bentuk pertanyaan atau tugas dalam interaksi pembelajaran dengan
bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun.
4.
Respon terhadap pendapat
atau pertanyaan yang muncul dari peserta didik dalam interaksi pembelajaran
dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun.
5.
Tanggapan terhadap respon dari peserta didik dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa
yang khas secara efektif, empati, dan santun.
|
Menentukan strategi komunikasi yang efektif, empati dan santun, baik
secara lisan maupun tulisan bagi peserta didik kelas awal.
|
Strategi
komunikasi yang efektif dalam pembelajaran sekolah dasar
|
Strategi komunikasi yang efektif,
empatik, dan santun, baik secara lisan
maupun tulisan bagi peserta didik sekolah dasar.
|
Menanggapi pertanyaan dan pendapat peserta didik untuk mendukung
penyiapan kondisi psikologis peserta didik kelas awal dengan bahasa yang khas
secara efektif, empati, dan santun
|
Penerapan
strategi komunikasi yang efektif dalam pembelajaran sekolah dasar
|
1.
Kondisi psikologis dalam
interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan
santun di kelas tinggi.
2.
Pertanyaan dan pendapat peserta didik dalam proses komunikasi di
sekolah dasar.
3.
Penerapan berbagai contoh bentuk pertanyaan atau tugas dalam
interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan
santun.
4.
Respon terhadap pendapat
atau pertanyaan yang muncul dari peserta didik dalam interaksi pembelajaran
dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun.
5.
Tanggapan terhadap respon dari peserta didik dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa
yang khas secara efektif, empati, dan santun
|
Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik
untuk merespons dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara
efektif, empati, dan santun
|
||
Merespon pendapat dan pertanyaan peserta didik kelas awal dalam
interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan
santun
|
||
Memberikan tanggapan terhadap respon peserta didik dalam interaksi
pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun
|
Blog ini dalam masa pengerjaan, maka harap dimaklumi apabila di sana- sini masih banyak kekurangannya, Saran dan kritik selalu kami tunggu dan kami menanti. Terima kasih.
0 Response to "UNDUH MODUL GURU PEMBELAJAR KK F KELAS ATAS TERBARU"
Post a Comment
Tinggalkan kesan dan pesan demi kemajuan blog tercinta kita ini. Terima kasih