UNDUH MODUL GURU PEMBELAJAR KK F KELAS ATAS TERBARU

Assalamu 'alaikum wr. wb



Hasil gambar untuk guru pembelajar
Selamat datang pengunjung blog INFO SEKOLAH yang berbahagia pula, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan sedikit gambaran mengenai Modul Guru Pembelajar KK F Kelas Tinggi (Kelas 4, 5, dan 6). Pada Modul tersebut memuat dua kompetensi yaitu: Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional. Rincinya perhatikan penjelasan di bawah ini:


Kompetensi    :           Profesional
Judul Modul   :           Kajian Materi IPS SD

Kompetensi                
a.  Kompetensi Inti      :          
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

b.  Kompetensi Guru   :          
Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS.

INDIKATOR
MATERI POKOK
SUBMATERI POKOK
Memahami Hakekat Ilmu Pengetahuan Sosial

Hakekat Ilmu Pengetahuan Sosial

1.    Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial
2.    Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial
3.    Fungsi  Ilmu Pengetahuan Sosial
4.    Karakteristik Ilmu Pengetahuan Sosial
5.    Sumber dan bahan materi Ilmu Pengetahuan Sosial
6.    Nilai dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Mengkaji materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Kajian materi IPS
1.      Pengaruh Kerajaan Hindu-Budha dan Islam pada kehidupan masyarakat Indonesia
2.      Pengaruh penjajahan di Indonesia
3.      Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan dan upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia
4.      Pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat
5.      Interaksi manusia dengan lingkungannya
6.      Kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat
7.      Kerjasama negara-negara di Asia Tenggara
Menjelaskan Kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global
Kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global
1.      Berbagai bentuk kebhinnekaan
2.      Dinamika kehidupan global

Kompetensi    :           Pedagogik
Judul Modul   :           Komunikasi Efektif

Deskripsi Singkat        :          
Materi ini menjelaskan tentang: 1) Jenis-jenis komunikasi dalam pembelajaran sekolah dasar; 2) Strategi komunikasi yang efektif dalam pembelajaran sekolah dasar; 3) Penerapan strategi komunikasi yang efektif dalam pembelajaran sekolah dasar.

Kompetensi                
a.  Kompetensi Inti          :          
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.

b.  Kompetensi Guru        :          
Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun,  baik secara  lisan maupun tulisan.
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik, (b) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespons, (c) respons peserta didik, (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya

INDIKATOR KEBERHASILAN
MATERI POKOK
SUBMATERI POKOK
Mengidentifikasi  berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun, baik secara lisan maupun tulisan bagi peserta didik kelas awal.

Jenis-jenis komunikasi dalam pembelajaran sekolah dasar
1.      Kondisi psikologis  dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun di kelas tinggi.
2.      Pertanyaan dan pendapat peserta didik dalam proses komunikasi di sekolah dasar.
3.      Bentuk pertanyaan atau tugas dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun.
4.      Respon  terhadap pendapat atau pertanyaan yang muncul dari peserta didik dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun.
5.      Tanggapan terhadap respon dari peserta didik  dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun.
Menentukan strategi komunikasi yang efektif, empati dan santun, baik secara lisan maupun tulisan bagi peserta didik kelas awal.
Strategi komunikasi yang efektif dalam pembelajaran sekolah dasar
Strategi komunikasi yang efektif, empatik,  dan santun, baik secara lisan maupun tulisan bagi peserta didik sekolah dasar.

Menanggapi pertanyaan dan pendapat peserta didik untuk mendukung penyiapan kondisi psikologis peserta didik kelas awal dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun
Penerapan strategi komunikasi yang efektif dalam pembelajaran sekolah dasar
1.      Kondisi psikologis  dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun di kelas tinggi.
2.      Pertanyaan dan pendapat peserta didik dalam proses komunikasi di sekolah dasar.
3.      Penerapan berbagai contoh bentuk pertanyaan atau tugas dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun.
4.      Respon  terhadap pendapat atau pertanyaan yang muncul dari peserta didik dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun.
5.      Tanggapan terhadap respon dari peserta didik  dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun
Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespons dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun
Merespon pendapat dan pertanyaan peserta didik kelas awal dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun
Memberikan tanggapan terhadap respon peserta didik dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun





Blog ini dalam masa pengerjaan, maka harap dimaklumi apabila di sana- sini masih banyak kekurangannya, Saran dan kritik selalu kami tunggu dan kami menanti. Terima kasih.



Wassalamu 'alaikum wr. wb

0 Response to "UNDUH MODUL GURU PEMBELAJAR KK F KELAS ATAS TERBARU"

Post a Comment

Tinggalkan kesan dan pesan demi kemajuan blog tercinta kita ini. Terima kasih