Selamat datang pengunjung blog INFO SEKOLAH yang berbahagia pula, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan sedikit gambaran mengenai Modul Guru Pembelajar KK E Kelas Tinggi (Kelas 4, 5, dan 6). Pada Modul tersebut memuat dua kompetensi yaitu: Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional. Rincinya perhatikan penjelasan di bawah ini:
Kompetensi : Profesional
Judul
Modul : Materi
dan Energi
Deskripsi Singkat :
Silabus ini membahas
materi yang termasuk kedalam Kelompok Kompetensi E Materi dan Energi
untuk SD kelas Tinggi. Materi dan Energi meliputi:
- Kegiatan Pembejaran 1 Sifat Benda dan Perubahannya yang meliputi Benda, Wujud Benda, dan Sifatnya, Perubahan Sifat Benda, Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sifat benda.
- Kegiatan Pembejaran 2 Campuran dan Teknik Pemisahan meliputi Campuran Homogen dan Campuran Heterogen, Kadar Zat Dalam Campuran dan Teknik Pemisahan Campuran.
- Kegiatan Pembejaran 3. Energi dan Perubahannya, meliputi jenis-jenis energi, dan perubahan energi. Jenis-jenis energi diantaranya energi listrik, energi kimia, energi gerak, energi kalor, energi bunyi, energi potensial, energi kinetik dan energi mekanik. Pembahasan dilanjutkan tentang perubahan energi dan disertai dengan contohnya.
- Kegiatan Pembelajaran 4 ini membahas tentang pesawat sederhana, yang meliputi tuas atau pengungkit, katrol dan bidang miring. Kegiatan percobaan dilakukan untuk memperjelas konsep pesawat sederhana.
- Kegiatan Pembelajaran 5 ini membahas tentang Perubahan Waktu, yang meliputi pembahasan siang dan malam dan perubahan iklim.
- Pembelajaran Kompetensi Materi dan Energi ini, dilaksanakan dengan metode diskusi, brainstroming dan percobaan/eksperimen
Kompetensi
a. Kompetensi Inti :
Menguasai materi,
struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
diampu. IPA
b. Kompetensi Guru
Memahami struktur IPA
termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata
pelajaran IPA.
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
1. Membedakan benda padat, cair dan gas
2. Mengidentifikasi sifat benda padat, cair dan gas
3. Mengidentifikasi ciri-ciri benda yang mengalami perubahan tetap
4. Mengidentifikasi ciri-ciri benda yang mengalami perubahan sementara
5. Memberi contoh peristiwa perubahan tetap dan perubahan sementara
|
1. Sifat Benda dan Perubahanny
|
1.Benda, Wujud Benda, dan
Sifatnya
2. Perubahan
Sifat
Benda
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sifat
benda
|
1.
Membedakan
campuran homogen dari campuran heterogen
2.
Mengidentifikasi
sifat campuran homogen dan campuran heterogen
3.
Menentukan
kadar- kadar zat dalam campuran
4.
Melaksanakan
percobaan membedakan campuran dan larutan
5.
Menjelaskan
teknik pemisahan campuran secara sederhana
6.
Melakukan
pemisahan campuran yang ada dalam kehidupan sehari-harisecara sederhana
|
2. Campuran dan Teknik Pemisahan
|
1. Campuran Homogen dan Campuran Heterogen
2. Kadar Zat Dalam
Campuran
3.
Teknik Pemisahan
Campuran
|
1.
Menyebutkan jenis-jenis
energi
2.
Menyebutkan berbagai perubahan energi
3.
Melakukan kegiatan eksperimen perubahan energi
|
3.Energi dan Perubahannya
|
·
Jenis-jenis energi:
a. Energi
Kimia
b. Energi
Listrik
c. Energi
Bunyi
d. Energi
Kalor
e. Energi
Cahaya
f. Energi
Nuklir
g. Energi
Mekanik
h. Energi
Potensial Gravitasi
i. Energi
Kinetik
j. Energi
Potensial Pegas
·
Perubahan energi
|
1.
Mendeskripsikan
pengertian pesawat sederhana
2.
Menyebutkan jenis-jenis
pesawat sederhana
3.
Melakukan eksperimen
tentang pesawat sederhana
4.
Menuliskan eksperimen
tentang katrol
|
4. Pesawat Sederhana
|
•Pengertian pesawat sederhana
• Pemanfaatan
pesawat sederhana
|
1.
Mendeskripsikan siang dan malam
2.
Mendeskripsikan
terjadinya
perubahan iklim.
|
5. Perubahan Wktu
|
• Siang
dan Malam
• Musim
|
Kompetensi : Pedagogik
Judul
Modul : Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
Deskripsi Singkat : ……….
Kompetensi
a. Kompetensi Inti :
Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
b. Kompetensi Guru :
- Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI.
- Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
- Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
- Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar
- Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
Memahami konsep penilaian pembelajaran;
|
Konsep penilaian pembelajaran;
|
1.
Pengertian pengukuran, penilaian, dan evaluasi.
2.
Lingkup penilaian dalam pembelajaran.
3.
Prinsip-prinsip penilaian dalam pembelajaran.
4.
Karakteristik dan
teknik penilaian.
5.
Tes dan non tes.
|
Memahami prosedur penilaian proses dan hasil
belajar;
|
Prosedur penilaian proses dan hasil belajar;
|
1.
Prosedur penilaian sikap.
2.
prosedur penilaian
pengetahuan.
3.
prosedur penilaian
keterampilan
|
Menyusun dan mengembangkan instrumen penilaian
pembelajaran
|
Penyusunan instrumen
penilaian pembelajaran;
|
1.
pemetaan kompetensi
dasar dan indikator penilaian;
2.
kisi-kisi penilaian
pembelajaran;
3.
instrumen penilaian
sikap;
4.
instrumen penilaian
pengetahuan;
5.
instrumen penilaian
keterampilan
|
Melakukan analisis instrumen penilaian pembelajaran.
|
Analisis
instrumen penilaian pembelajaran
|
1.
menganalisis instrumen
penilaian sikap;
2.
menganalisis instrumen
penilaian pengetahuan;
3.
menganalisis instrumen
penilaian keterampilan
|
Blog ini dalam masa pengerjaan, maka harap dimaklumi apabila di sana- sini masih banyak kekurangannya, Saran dan kritik selalu kami tunggu dan kami menanti. Terima kasih.
0 Response to "UNDUH MODUL GURU PEMBELAJAR KK E KELAS ATAS TERBARU"
Post a Comment
Tinggalkan kesan dan pesan demi kemajuan blog tercinta kita ini. Terima kasih