UNDUH MODUL GURU PEMBELAJAR KK D KELAS ATAS TERBARU


Assalamu 'alaikum wr. wb



Hasil gambar untuk guru pembelajar
Selamat datang pengunjung blog INFO SEKOLAH yang berbahagia pula, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan sedikit gambaran mengenai Modul Guru Pembelajar KK D Kelas Tinggi (Kelas 4, 5, dan 6). Pada Modul tersebut memuat dua kompetensi yaitu: Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional. Rincinya perhatikan penjelasan di bawah ini:



Kompetensi    :           Profesional
Judul Modul   :           Mahluk Hidup dan Lingkungan Sekitar,
1.    Sistem Organ Tubuh Manusia
2.    Peranan Tumbuhan Hijau dalam Kehidupan
3.    Lingkungan dan Sumber Daya Alam.

Deskripsi Singkat        :          
Didalam modul Mahluk Hidup dan Lingkungan Sekitar ini terbagi menjadi 3 KB :
1. Sistem Organ Tubuh Manusia, mendeskripsikan struktur dan fungsi serta bagaimana pemeliharaan sistem pencernaan, sistem pernapasan, dan sistem peredaran darah pada manusia
2. Peranan Tumbuhan Hijau dalam Kehidupan, memaparkan tentang bentuk luar tubuh tumbuhan dan fungsinya dan bagian dalam tumbuhan dan fungsinya, kedua konsep tersebut dijelaskan di awal untuk masuk kepada pokok pembahasan mengenai pembentukan makanan pada tumbuhan hijau. Pada konsep pembentukan makanan pada tumbuhan hijau dijelaskan bahan-bahan yang dibutuhkan, reaksi terjadinya fotosintesis serta manfaat dan hasil fotosintesis bagi kehidupan.
3. Lingkungan dan Sumber Daya Alam, menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan lingkungan, jenis-jenis sumber daya alam, tujuannya agar  manusia bisa  memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana.

Kompetensi                
a. Kompetensi Inti       :          
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

b. Kompetensi Guru    :          
Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA

INDIKATOR KEBERHASILAN
MATERI POKOK
SUBMATERI POKOK
1.      Mendeskripsikan hubungan antara struktur organ penyusun sistem pencernaan manusia dengan fungsinya
2.      Menjelaskan pemeliharaan kesehatan organ penyusun sistem pencernaan manusia
3.      Mendeskripsikan hubungan antara struktur organ penyusun sistem pernapasan manusia dengan fungsinya
4.      Menjelaskan pemeliharaan kesehatan organ penyusun sistem pernapasan manusia.
5.      Mendeskripsikan hubungan antara struktur organ penyusun sistem peredaran darah manusia dengan fungsinya
6.      Menjelaskan pemeliharaan organ penyusun sistem peredaran darah manusia.

1.    Sistem Organ Tubuh Manusia













1)    Sistem Percernaan Manusia

2)    Sistem Pernapasan Manusia

3)    Sistem Peredaran darah Manusia


1.    Menjelaskan susunan bentuk luar organ tubuh tumbuhan
2.    Menjelaskan fungsi bentuk luar organ  tubuh tumbuhan
3.    Melakukan percobaan bentuk luar organ tubuh tumbuhan
4.    Menjelaskan bagian dalam jaringan tumbuhan
5.    Menjelaskan fungsi bagian dalam jaringan tumbuhan
6.    Menjelaskan organ yang berperan dalam pembentukan makanan
7.    Mendeskripsikan proses pembentukan makanan pada tumbuhan
8.    Melakukan percobaan pembentukan makanan pada tumbuhan

2.    Peranan Tumbuhan Hijau dalam Kehidupan

 

1)     Bentuk luar tubuh tumbuhan dan fungsinya
2)     Bagian dalam  tumbuhan dan fungsinya
3)     Pembentukan makanan pada tumbuhan hijau
1.    Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan  lingkungan
2.    Menjelaskan jenis-jenis sumber daya alam
3.    Mendeskripsikan pemanfaatan sumber daya alam
4.    Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.

3.    Lingkungan dan Sumber Daya Alam.

 

1)      Lingkungan dan
alam sekitar
2)      Sumber Daya Alam
3)      Hubungan Sumber Daya Alam dan teknologi

Kompetensi    :           Pedagogik
Judul Modul   :           Metodologi Pembelajaran

Deskripsi Singkat        :          
Modul metodologi pembelajaran ini membahas tentang bagaimanamenerapkan  berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu, menerapkan pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas-kelas awal SD/MI, dan bagaimana melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.

Kompetensi                
a. Kompetensi Inti       :          
    Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
    Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik

b. Kompetensi Guru    :          
1.      Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
2.      Menerapkan pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas-kelas awal SD/MI
3.      Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.

INDIKATOR KEBERHASILAN
MATERI POKOK
SUBMATERI POKOK
1.        Membedakan pengertian strategi, pendekatan, metode, teknik, dan model pembelajaran.
Strategi, Pendekatan, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran
Pengertian strategi, pendekatan, metode, teknik, dan model pembelajaran
2.        Mendeskripsikan pendekatan dan strategi pembelajaran dalam lima mata pelajaran.
3.        Menjelaskan karakteristik pembelajaran tematik terpadu dan pendekatan saintefik.
Pembelajaran Tematik Terpadu dan Pendekatan Saintefik.
-      Pembelajaran Tematik Terpadu
-      Pendekatan Saintefik.
-      Pengertian Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik
4.        Mendeskripsikan tahapan pembelajaran tematik terpadu dan pendekatan saintefik.
Tahapan Pembelajaran Tematik Terpadu dan Pendekatan Saintefik
-      Tahapan Pembelajaran Tematik Terpadu
-      TahapanPembelajaran dengan Pendekatan saintefik
5.        Mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi, pendekatan,dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Identifikasi Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan
-      Amanat Standar Proses
-      Identifikasi Pelaksanaan   Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik
-       

6.        Praktek melaksanakan  pembelajaran mata pelajaran dan/atau tematik terpadu dengan pendekatan saintifik
Praktek Melaksanakan  Pembelajaran
Praktek Melaksanakan  Pembelajaran



Blog ini dalam masa pengerjaan, maka harap dimaklumi apabila di sana- sini masih banyak kekurangannya, Saran dan kritik selalu kami tunggu dan kami menanti. Terima kasih.



Wassalamu 'alaikum wr. wb

0 Response to "UNDUH MODUL GURU PEMBELAJAR KK D KELAS ATAS TERBARU"

Post a Comment

Tinggalkan kesan dan pesan demi kemajuan blog tercinta kita ini. Terima kasih