UNDUH MODUL GURU PEMBELAJAR KK C KELAS ATAS TERBARU

UNDUH MODUL GURU PEMBELAJAR KK C KELAS ATAS TERBARU. Selamat datang pengunjung blog INFO SEKOLAH yang berbahagia pula, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan sedikit gambaran mengenai Modul Guru Pembelajar KK C Kelas Tinggi (Kelas 4, 5, dan 6). Pada Modul tersebut memuat dua kompetensi yaitu: Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional. Rincinya perhatikan penjelasan di bawah ini:

Kompetensi : Profesional 

Deskripsi Singkat :  
Mata diklat ini membahas materi profesional untuk meningkatkan kompetensi peserta diklat dalam memahami:
1. Pencerminan dan simetri putar (rotasi)
2. Luas bangun datar
3. Volume bangun ruang
4. Jarak, waktu, dan kecepatan.

Kompetensi
a. Kompetensi Inti : Profesional

b. Kompetensi Guru :  
1. Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. 
 2. Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikal untuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata. 
3. Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 

INDIKATOR KEBERHASILAN
MATERI POKOK
SUBMATERI POKOK
1.         menentukan hasil pencerminan bangun datar
2.         menentukan hasil simetri
3.         mengidentifikasi simetri putar bangun datar
4.         mengidentifikasi bangun datar yang simetris dan tidak simetris

Pencerminan dan Simetri Putar (Rotasi)
1.       Pencerminan
2.       Simetri
3.       Simetri Lipat
4.       Simetri Putar
1.        
1.         menentukan luas daerah bangun datar (persegi, persegipanjang, belah ketupat, jajargenjang, layang-layang, trapesium, segitiga, lingkaran, gabungan bangun datar).
2.         menyelesaikan masalah matematika atau masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan  dengan luas bangun datar dan volume bangun ruang.

Luas Daerah Bangun Datar
1.       Satuan Ukuran Baku Untuk Luas
2.       Luas Bangun Datar
3.       Luas Gabungan Bangun Datar


1.       Menentukan volume bangun ruang (kubus, balok, limas, prisma, silinder dan gabungan bangun ruang).
2.       Menyelesaikan masalah matematika atau masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan  dengan luas bangun datar dan volume bangun ruang.

Volume Bangun Ruang

1.      Volume Balok dan Kubus
2.      Volume Prisma 
3.      Volume Tabung
1.         Menerapkan hubungan antara waktu, jarak, dan kecepatan
2.         Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.

Jarak, Waktu, dan Kecepatan

1.       Satuan Waktu

2.         Hubungan Antara Jarak, Waktu, dan Kecepatan

3.         Cara Mudah untuk Mengingat Rumus Jarak, Waktu, dan Kecepatan

4.         Penyelesaian Masalah Sehari-hari yang Berkaitan dengan Jarak, Waktu, dan Kecepatan





Kompetensi : Pedagogik

Judul Modul : Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum di Sekolah  Dasar

Deskripsi Singkat :
Desain kurikulum merupakan suatu pengorganisasian tujuan, isi, serta  proses belajar yang akan diikuti peserta didik pada berbagai tahap perkembangan pendidikan. Dalam desain kurikulum, ada dua dimensi penting, yaitu: 
(1) substansi, unsur-unsur serta organisasi dari dokumen tertulis kurikulum, 
(2) model pengorganisasian dan bagian-bagian kurikulum terutama organisasi dan proses pengajaran.

Kompetensi
a. Kompetensi Inti :
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.

b. Kompetensi Guru :
1. Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
2. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MI


INDIKATOR KEBERHASILAN
MATERI POKOK
SUBMATERI POKOK

1)       Menjelaskan rasional pengembangan Kurikulum


2)       Mengindentifikasi prinsip pengembangan kurikulum


3)       Menjelaskan fungsi dan peranan kurikulum



4)       Mengidentifikasi karakteristik pada tiap kurikulum


 

1.    RASIONAL PENGEMBANGAN KURIKULUM













1)     Rasional pengembangan Kurikulum

2)     Prinsip pengembangan kurikulum

3)     Fungsi dan peranan kurikulum



4)     Karakteristik pada tiap kurikulum


1)       Mengindentifikasi  pengalaman belajar yang sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI




2)       Menentukan pengalaman belajar yang mengacu pada lima mata pelajaran SD/MI

 

2.    PENGALAMAN  BELAJAR  PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

 


1)     Pengalaman belajar yang sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI


2)     Pengalaman belajar yang mengacu pada lima mata pelajaran SD/MI, Tematik Terpadu, Model model pembelajaran




Blog ini dalam masa pengerjaan, maka harap dimaklumi apabila di sana- sini masih banyak kekurangannya, Saran dan kritik selalu kami tunggu dan kami menanti. Terima kasih.







0 Response to "UNDUH MODUL GURU PEMBELAJAR KK C KELAS ATAS TERBARU"

Post a Comment

Tinggalkan kesan dan pesan demi kemajuan blog tercinta kita ini. Terima kasih