Assalamu 'alaikum wr. wb
Selamat datang pengunjung blog INFO SEKOLAH yang berbahagia pula, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan sedikit gambaran mengenai Modul Guru Pembelajar KK B Kelas Tinggi (Kelas 4, 5, dan 6). Pada Modul tersebut memuat dua kompetensi yaitu: Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional. Rincinya perhatikan penjelasan di bawah ini:
Kompetensi : PROFESIONAL
Judul Modul : Kajian Bilangan dan Statistika
Deskripsi Singkat :
Modul ini bertujuan untuk memfasilitasi para guru meningkatkan kompetensinya dalam melakukan tindakan reflektif dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep Bilangan Asli Cacah dan Bulat, Pecahan serta Statistika.
Kompetensi
a. Kompetensi Inti:
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
b. Kompetensi Guru :
Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmetika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
Menentukan
hasil operasi hitung campuran yang melibatkan tiga atau lebih pada bilangan bulat.
|
1.1 Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat
1.2
FPB & KPK
1.3
Pangkat dan Akar
|
1.1.1 Bilangan Bulat
dalam
Kehidupan Sehari-Hari
1.1.2 Operasi Hitung Dua Bilangan Bulat
1.2.1
Menentukan FPB dari dua bilangan
atau lebih
1.2.2 Menentukan KPK dari dua
bilangan atau lebih
1.3.1
1.3.1Akar bilangan pangkat dua
1.3.2
Akar Bilangan Pangkat Tiga Sederhana
|
Menggunakan
KPK dan FPB dalam penjumlahan atau pengurangan dua pecahan atau lebih dengan
penyebut berbeda
Mengurai sebuah pecahan sebagai
hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan
yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
|
1.
Penjumlahan
pecahan
2.
Pengurangan Pecahan
3.
Pecahan Sebagai Perbandingan
|
b. Penjumlahan pec
Penjumlahan pecahan biasa yang berbeda penyebut
|
Menginterpretasikan data
yang ditampilkan dalam bentuk tabel,
diagram batang, atau diagram lingkaran.
|
1. Menginterpretasikan data
yang ditampilkan dalam bentuk tabel,
diagram batang, atau diagram lingkaran.
2.
Menginterpretasikan Data yang Disajikan dalam Bentuk Tabel,
Diagram Batang atau Diagram Lingkaran
3.
Menginterpretasikan Data
yang Disajikan dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang atau Diagram Lingkaran
4.
Menentukan rata-rata,
median, atau modus suatu kumpulan data
dengan menggunakan statistik sederhana
|
1.
Menginterpretasikan
data yang disajikan dalam bentuk tabel
2.
Menginterpretasikan
data yang disajikan dalam bentuk diagram batang
3.
Menginterpretasikan
data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
1.
menentukan rata-rata suatu kumpulan data menggunakan
statistik sederhana
2.
menentukan
median suatu kumpulan data menggunakan statistik sederhana
3.
menentukan
modus suatu kumpulan data menggunakan statistik sederhana
|
Kompetensi : Pedagogik
Judul Modul : Teori Belajar dan Prinsip Pembelajaran
Deskripsi Singkat:
Mata diklat ini membahas materi pedagogik untuk meningkatkan kompetensi guru/peserta diklat dalam memahami
1. teori belajar, dan
2. prinsip-prinsip pembelajaran
Kompetensi
a. Kompetensi Inti :
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
b. Kompetensi Guru :
Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
Peserta diklat dapat menjelaskan:
1. Menjelaskan
pentingnya guru perlu mempelajari teori belajar
2. Menjelaskan
hakekat belajar dan berbagai teori belajar dengan benar
3. Menjelaskan
peran hakekat belajar untuk merumuskan berbagai teori belajar.
4. Membedakan
behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme dan humanism
|
Teori Belajar
|
1. Teori
Belajar dalam Aliran Behaviorisme
2. Teori
Belajar dalam Aliran Kognitivisme
3. Teori
Belajar dalam Aliran Konstruktivisme
4. Teori
Belajar dalam Aliran Humanisme
|
Peserta diklat dapat:
1. Menjelaskan
prinsip-prinsip pembelajaran
2. Menjelaskan
implikasi prinsip-prinsip pembelajaran bagi siswa Sekolah Dasar
3. Menjelaskan
implikasi prinsip-prinsip pembelajaran bagi guru Sekolah Dasar
|
Prinsip-prinsip
pembelajaran
|
1. Prinsip-prinsip
pembelajaran
2. Implikasi
prinsip-prinsip pembelajaran bagi siswa SD
3. Implikasi
prinsip-prinsip pembelajaran bagi guru
|
Blog ini dalam masa pengerjaan, maka harap dimaklumi apabila di sana-
sini masih banyak kekurangannya, Saran dan kritik selalu kami tunggu dan
kami menanti. Terima kasih.
0 Response to "UNDUH MODUL GURU PEMBELAJAR KK B KELAS ATAS TERBARU"
Post a Comment
Tinggalkan kesan dan pesan demi kemajuan blog tercinta kita ini. Terima kasih