UNDUH MODUL GURU PEMBELAJAR KK B KELAS ATAS TERBARU


Assalamu 'alaikum wr. wb




Hasil gambar untuk guru pembelajar
Selamat datang pengunjung blog INFO SEKOLAH yang berbahagia pula, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan sedikit gambaran mengenai Modul Guru Pembelajar KK B Kelas Tinggi (Kelas 4, 5, dan 6). Pada Modul tersebut memuat dua kompetensi yaitu: Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional. Rincinya perhatikan penjelasan di bawah ini:


Kompetensi : PROFESIONAL

Judul Modul : Kajian Bilangan dan Statistika

Deskripsi Singkat :  
Modul ini bertujuan untuk memfasilitasi para guru meningkatkan kompetensinya dalam melakukan tindakan reflektif dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep Bilangan Asli Cacah dan Bulat, Pecahan serta Statistika.

Kompetensi
a. Kompetensi Inti:  
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

b. Kompetensi Guru :
Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmetika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.

INDIKATOR KEBERHASILAN
MATERI POKOK
SUBMATERI POKOK
Menentukan hasil operasi hitung campuran yang melibatkan tiga atau lebih  pada bilangan bulat. 

1.1 Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat

1.2 FPB & KPK
1.3 Pangkat dan Akar


1.1.1     Bilangan Bulat
dalam Kehidupan Sehari-Hari
1.1.2     Operasi Hitung Dua Bilangan Bulat

1.2.1  Menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih

1.2.2      Menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih

1.3.1                    1.3.1Akar bilangan pangkat dua

1.3.2 Akar Bilangan Pangkat Tiga Sederhana


Menggunakan KPK dan FPB dalam penjumlahan atau pengurangan dua pecahan atau lebih dengan penyebut berbeda
Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

1.         Penjumlahan pecahan

2.         Pengurangan  Pecahan

3.         Pecahan Sebagai Perbandingan


b.    Penjumlahan pec Penjumlahan pecahan biasa yang berbeda penyebut

 

Menginterpretasikan data yang ditampilkan dalam bentuk tabel,  diagram batang, atau diagram lingkaran.

1.       Menginterpretasikan data yang ditampilkan dalam bentuk tabel,  diagram batang, atau diagram lingkaran.
2.       Menginterpretasikan Data yang Disajikan dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang atau Diagram Lingkaran

3.       Menginterpretasikan Data yang Disajikan dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang atau Diagram Lingkaran

4.       Menentukan rata-rata, median, atau modus suatu kumpulan data  dengan menggunakan statistik sederhana

1.         Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk tabel
2.         Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang
3.         Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
1.         menentukan rata-rata suatu kumpulan data menggunakan statistik sederhana
2.         menentukan median suatu kumpulan data menggunakan statistik sederhana
3.         menentukan modus suatu kumpulan data menggunakan statistik sederhana






























































Kompetensi : Pedagogik

Judul Modul : Teori Belajar dan Prinsip Pembelajaran

Deskripsi Singkat:
Mata diklat ini membahas materi pedagogik untuk meningkatkan kompetensi guru/peserta diklat dalam memahami
1. teori belajar, dan
2. prinsip-prinsip pembelajaran

Kompetensi
a. Kompetensi Inti :  
    Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.

b. Kompetensi Guru :
    Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik 

    
INDIKATOR KEBERHASILAN
MATERI POKOK
SUBMATERI POKOK

Peserta diklat dapat menjelaskan:
1.       Menjelaskan pentingnya guru perlu mempelajari teori belajar
2.       Menjelaskan hakekat belajar dan berbagai teori belajar dengan benar
3.       Menjelaskan peran hakekat belajar untuk merumuskan berbagai teori belajar.
4.       Membedakan behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme dan humanism


Teori Belajar

1.    Teori Belajar dalam Aliran Behaviorisme
2.    Teori Belajar dalam Aliran Kognitivisme
3.    Teori Belajar dalam Aliran Konstruktivisme
4.    Teori Belajar dalam Aliran Humanisme


Peserta diklat dapat:
1.       Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran
2.       Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip pembelajaran bagi siswa Sekolah Dasar
3.       Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip pembelajaran bagi guru  Sekolah Dasar



Prinsip-prinsip pembelajaran

1.     Prinsip-prinsip pembelajaran
2.     Implikasi prinsip-prinsip pembelajaran bagi siswa SD
3.     Implikasi prinsip-prinsip pembelajaran bagi guru






































Blog ini dalam masa pengerjaan, maka harap dimaklumi apabila di sana- sini masih banyak kekurangannya, Saran dan kritik selalu kami tunggu dan kami menanti. Terima kasih.

Wassalamu 'alaikum wr. wb

0 Response to "UNDUH MODUL GURU PEMBELAJAR KK B KELAS ATAS TERBARU"

Post a Comment

Tinggalkan kesan dan pesan demi kemajuan blog tercinta kita ini. Terima kasih