![Hasil gambar untuk guru pembelajar](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipbVd3jnok1I-50_nSW4zP7Q-vmZl1Nmxh0o5WezI4tFzr8hd0U5z69ilHushJnvcxFFa6kRdp7uslP9W9SmYQJCLxfQlVvBH9S-V4p4aPOXk1_-cIICP4OYsuHrqXeFz2vq08CX7lr5Nz/s320/portal+GP....jpeg)
Selamat datang pengunjung blog INFO SEKOLAH yang berbahagia pula, pada kesempatan kali ini, kami akan
membagikan sedikit gambaran mengenai Modul Guru Pembelajar KK A Kelas Tinggi (Kelas 4, 5, dan 6). Pada Modul tersebut memuat dua kompetensi yaitu: Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional. Rincinya perhatikan penjelasan di bawah ini:
Kompetensi : Profesional
Judul Modul : Kajian Materi Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar
Deskripsi Singkat : Materi ini menjelaskan tentang:
1). Hakikat, Fungsi, Kedudukan, dan Ragam Bahasa;
2) Pemerolehan Bahasa Indonesia;
3) Linguistik Bahasa Indonesia;
4) Semantik Bahasa Indonesia;
5) Keterampilan Berbahasa Indonesia;
6) Sastra Indonesia.
Kompetensi
a. Kompetensi Inti :
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Bahasa dan Sastra Indonesia).
b. Kompetensi Guru :
1. Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa.
2. Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.
3. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
4. Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis).
5. Memahami teori dan genre sastra Indonesia.
6. Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif.
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
Menerapkan ragam bahasa Indonesia dalam pembelajaran
|
Hakikat, Fungsi,
Kedudukan, dan Ragam Bahasa Indonesia
|
1. Hakikat bahasa Indonesia
2. Kedudukan bahasa Indonesia
3. Fungsi bahasa Indonesia
4. Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia
5. Ragam bahasa Indonesia
|
Mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi pemerolehan bahasa
|
Pemerolehan Bahasa Anak
|
1. Pemerolehan bahasa anak
2. Pembelajaran bahasa anak
3. Perbedaan pemerolehan dan pembelajaran bahasa
4. Tahapan pemerolehan bahasa
5.
Faktor-faktor yang memengaruhi
pemerolehan bahasa
|
Menerapkan kaidah bahasa Indonesia (morfologi=tata
bentukan dan tata istilah sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang
baik dan benar)
|
Linguistik Bahasa
Indonesia
|
1. Kaidah tata bentukan dan tata
2. Istilah
3. Kaidah kelas kata
4. Kaidah tata kalimat
5.
Kaidah wacana
|
Menerapkan kaidah bahasa Indonesia semantik (makna kata,
hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon,
denotasi, konotasi, majas sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang
baik dan benar)
|
Semantik Bahasa Indonesia
|
1. Kaidah makna kata dan hubungan makna
2. Kaidah pertalian makna
3. Perubahan makna kata
4.
Jenis idiom, pameo, dan
peribahasa
|
Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sintaksis (tata kalimat
sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
|
||
Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara
integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)
|
Keterampilan Berbahasa Indonesia
|
1.
Prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan reseptif
(menyimak)
2.
Prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan
produktif (berbicara)
3.
Prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis
reseptif (membaca)
4.
Prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis
produktif (menulis)
|
Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis
reseptif. Membaca, membaca teks, membaca nyaring.
|
||
Membedakan sastra lama dan sastra baru
|
Sastra Indonesia
|
1.
Sastra lama dan
sastra baru
2.
Genre sastra
Indonesia
3.
Prosa dan puisi
4.
Prosa lama dan
prosa baru
5.
Unsur instrinsik
puisi dan prosa
|
Kompetensi : Pedagogik
Judul Modul : Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik
Deskripsi Singkat :
Modul ini membahas perkembangan peserta didik; implikasi prinsip-prinsip perkembangannya terhadap pendidikan; karakteristik peserta didik dalam aspek potensi, fisik dan motorik, kemampuan intelektual, kecerdasan emosi, perkembangan sosial, perkembangan moral, kecerdasan spiritual dan pengembangannya melalui pembelajaran; serta identifikasi kemampuan awal dan kesulitan belajar dan cara menggunakan hasilnya dalam pembelajaran.
Kompetensi
a. Kompetensi Inti :
1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
2. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
b. Kompetensi Guru :
Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
- Mengidentifikasi potensi peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.
- Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.
- Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.
- Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal.
- Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk krea tivitasnya.
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
1. Menjelaskan
tahapan perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik
2. Menjelaskan
implikasi prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik
terhadap pendidikan
3. Menjelaskan
berbagai aspek perkembangan peserta
didik
4. Menentukan
kegiatan untuk memfasilitasi variasi perkembangan
peserta didik .
|
Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik
|
Perkembangan Peserta Didik
Pengembangan Potensi Peserta Didik
|
1.
Mendeskripsikan jenis-jenis
potensi
2.
Mengidentifikasi potensi
peserta didik
3.
Menentukan kegiatan
pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik
|
Pengembangan Potensi Peserta Didik
|
|
1.
Mendeskripsikan ciri-ciri
perkembangan fisik anak-anak
2.
Mendeskripsikan ciri-ciri
anak-anak yang sehat secara fisik
3.
Mengidentifikasi kondisi
kesehatan fisik peserta didik
4.
Menentukan kegiatan
pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik dengan kesehatan fisik yang
khas atau kurang sesuai.
|
Perkembangan Fisik dan Motorik Peserta Didik
|
|
1.
Menjelaskan perkembangan
kemampuan intelektual peserta didik.
2.
Mengidentifikasi kecerdasan
intelektual peserta didik.
3.
Menentukan kegiatan
pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kecerdasan intelektual peserta
didik
|
Perkembangan Kemampuan Intelektual Peserta Didik
|
|
1.
Menjelaskan tahapan
perkembangan kecerdasan emosi peserta didik
2.
Membedakan ciri-ciri perilaku
peserta didik yang memiliki kecerdasan emosi tinggi dengan rendah
3.
Mengidentifikasi kecerdasan
emosi peserta didik
4.
Mendeskripsikan proses
perkembangan aspek sosial peserta didik
5.
Membedakan ciri-ciri perilaku
sosial peserta didik antara yang berperilaku sosial baik dan kurang baik
6.
Mengidentifikasi keterampilan
perilaku sosial peserta didik
7.
Menentukan kegiatan
pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan kecerdasan emosi dan keterampilan sosial
peserta didik
|
Perkembangan Kecerdsan Emosi dan Perkembangan Sosial Peserta Didik
|
|
1.
Mendeskripsikan tahapan
perkembangan aspek moral peserta didik
2.
Membedakan ciri-ciri moral
peserta didik yang tinggi dan rendah
3.
Mengidentifikasi moral peserta
didik
4.
Mendeskripsikan tahapan
perkembangan kecerdasan spiritual peserta didik
5.
Membedakan ciri-ciri perilaku
peserta didik yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi dan rendah
6.
Mengidentifikasi kecerdasan
spiritual peserta didik
7.
Menentukan kegiatan
pembelajaran yang memfasilitasi perkembangan aspek moral dan kecerdasan
spiritual peserta didik
|
Perkembangan Moral dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik
|
|
1.
Menjelaskan cara
mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik
2.
Mengidentifikasi kemampuan awal
peserta didik
3.
Mengidentifikasi kesulitan
belajar .
4.
Menjelaskan faktor-faktor
kesulitan belajar.
5.
Menentukan kegiatan
pembelajaran yang kondusif berdasarkan hasil identifikasi kemampuan awal dan
kesulitan belajar peserta didik
|
Kemampuan Awal dan Kesulitan Belajar Peserta Didik
|
Blog ini dalam masa pengerjaan, maka harap dimaklumi apabila di sana- sini masih banyak kekurangannya, Saran dan kritik selalu kami tunggu dan kami menanti. Terima kasih.
0 Response to "UNDUH MODUL GURU PEMBELAJAR KK A KELAS ATAS TERBARU"
Post a Comment
Tinggalkan kesan dan pesan demi kemajuan blog tercinta kita ini. Terima kasih